Jumat, 11 Januari 2019

Laporan Praktikum PBO Modul 3

Laporan Praktikum PBO
OOP
(Object Oriented Programming)







Rian Muhibatul Ikhsan
20160910106
SI 2016 C






FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
2019






MODUL III
OOP LANJUTAN

1.Landasan Teori

1. Definisi objek
Setiap objek (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan template pada sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.

Method adalah suatu operasi berupa fungsi - fungsi yang dapatdikrjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing - masing class pasti memiliki minimal satu construktor.
2. Method Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter.
3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.


2. Praktikum 
Praktikum 1 
1. Buatlah Projek Baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO
2. Buat File Empty Java File Baru
3. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri Anda.Java

Hasil Running :

 

Praktikum 2

1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.Java

 

Hasil Running :

 

Praktikum 3
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.Java

 

3. Buat File empty Java File Baru
4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama filecontoh  andri.Java
 
Hasil Running :


Praktikum 4


1. Buat File Empty Java File Baru

2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.Java

3. Buat File Empty Java File Baru

4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.Java
 
5. Jalankan kode program diatas
 

Praktikum 5

 

1. Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Mobil.Java
2. Ketikan Source Code berikut
 











3. Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama Utama.Java
4. ketikan kode program berikut

 

5.hasil running



Postest

1. Buatlah program penerapan class, objek, atribut, method sperti praktikum 3 dengan class / objek yang lain.


Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file klakson.Java

Ketikan kode program berikut

 

Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama suaraklakson.Java Ketikan Source code nya











Hasil Running :



Tugas 



1. Buatlah program praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPane



- Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Manusia.Java
Ketikan kode program berikut
 
Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan contoh  nama file andri.Java Ketikan kode program berikut



Hasil Running :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar