Sabtu, 12 Januari 2019

Laporan Praktikum PBO Modul 7

Laporan Praktikum PBO
Modul 7






Rian Muhibatul Ikhsan
20160910106
SI 2016 C






FAKULTAS ILMU KOMPUTER
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN 
2019






ABSTRACT CLASS  

A. Dasar Teori
Abstract class adalah kelas yang terletak pada posisi pada hierarki kelas. Kelas ini digunakan sebagai basis bagi penurunan kelas lainnya, sehingga abstract class tidak dapat diinstansi secara langsung menjadi object. Suatu abstract class bisa mengandung method kongkrit dan atau method abstract. Abstract method merupakan suatu method yang tidak mempunyai badan method. Hanya berupa nama method dan parameter inputan method. Ketika suatu abstract class diturunkan atau di extends, maka subclass harus mengimplementasikan semua method abstract pada parent / base class. Jika tidak mengimplementasikan semua method abstract maka subclass harus dideklarasikan sebagai abstract class.
Java memiliki aturan  - aturan dalam penggunaan method abstract dan class abstract sebagai berikut :
1. Class yang didalmnya terdapat abstract method harus dideklarasikan sebagai abstract class.
2. Abstract class tidak dapat diinstansi, tetapi harus diturunkan.
3. Abstract class tidak dapat diinstansi (menjadi objek dari class abstract), tetapi kita dapat mendeklarasikan  suatu variabel yang bertipe abstract class dan membuat instansi dari variabel tersebut yang bertipe class turunan dari abstract class tersebut (teknik polymorphism).
4. Sebuah class dapat dideklarasikan sebagai abstract class meskipun class tersebut tidak memiliki abstract method.
5. Abstract method tidak boleh mempunyai body method dan demikian juga sebaliknya bahwa method yang tidak ditulis body methodnya maka harus dideklarasikan sebagai abstract method.

B. Praktikum

Praktikum 1
1.Buatlah Project Baru di Netbeans dengan nama Modul7PBO 
2.Buat File Empty Java File Baru
3. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Pulau.Java


   



4. Jalankan File Pulau.java tersebut, Amati Hasilnya.


Praktikum 2
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file MahlukHidup.java


 


     3. Buat File Empty Java File Baru

     4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.java


 









5. Buat File Empty Java File Baru
6. ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Hewan.java


 
7. Buat File Empty Java File Baru
8. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Tumbuhan.java 




     9. Buat File Empty Java File Baru

    10. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file MainMahlukHidup.java

   

    








     11. Jalankan File MainMahlukHidup.java tersebut, Amati Hasilnya !



    Praktikum 3

   1. Buat File Empty Java File Baru

   2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BangunDatar.java




   3. Buat File Empty Java File Baru

   4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Lingkaran.java




   5. Buat File Empty java File Baru

   6. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Test.java




   7. Jalankan File Test.java tersebut, Amati Hasilnya !




     Latihan / Post Test



    1. Buatlah Program Abstract class dengan case study yang berbeda dari praktikum diatas.


    Pertama kita buat File Empty java File Bari

    Kemudian ketikan source kode berikut ini dan simpan dengan nama file Sayuran.java



 

   


Jalankan File diatas !


Tugas Individu
1. Apa perbedaan Abstract dengan Interface, Jelaskan !


Abstract Class merupakan Class yang khusus dibuat untuk keperluan inheritance. Tujuan dari pembuatan abstract class ini ialah untuk membuat definisi umum bagi class-class yang akan menjadi turunan darinya.
Abstract Class tidak bisa diinstansiasi. Abstract method tidak mempunyai implementasi, sehingga penulisannya dilakukan hanya dengan mengikutkan semikolon, bukan blok method {} seperti biasanya. Abstract method ini bisa digunakan oleh Class turunannya dengan melakukan override.

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau constant).  Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface


DAFTAR PUSTAKA
Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek UNIKU
https://pratamasandya.wordpress.com/2013/04/28/perbedaan-abstract-class-dan-interface/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar